Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

12.10.2009

LKS Penelitian


Lembar Kerja Siswa

Nama : ___________________________
Kelas : ___________________________

A. Judul
Alat-alat Optik
B. Standar Kompetensi
3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik
C. Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif
D. Uraian Materi
Pertemuan 1
1. Mata:
2. Cacat mata, terdiri dari:
1) Miopi
2) Hipermetropi
3) Presbiopi
4) Astigmatisma
E. Indikator Spesifik
 Menganalisis pembentukan bayangan pada mata
 Membedakan pengamatan dengan mata berakomodasi dan mata tidak berakomodasi
 Menganalisis pembentukan bayangan pada cacat mata
F. Latihan
1. Perhatikan gambar organ mata berkut:

Dari gambar tersebut tuliskan fungsi dari masing-masing bagian mata!
Jawab:
a)……………………………………………………………………………… b)……………………………………………………………………………… c)……………………………………………………………………………… d)……………………………………………………………………………… e)……………………………………………………………………………… f)……………………………………………………………………………… g)……………………………………………………………………………… h)………………………………………………………………………………
2. Tuliskan maksud dari masing-masing istilah berikut:
a. Daya akomodasi : …………………………………………………………
b. Emetropi : …………………………………………………………………
c. Miopi : …………………………………………………………………….
d. Hipermetropi : …………………………………………………………….
e. Presbiopi : …………………………………………………………………
f. Astigmatisma : …………………………………………………………….
3. Seseorang menggunakan kaca mata positif berkekuatan 0,5 dioptri. titik dekat orang tersebut adalah?
Diket : P= ……dioptri S= 25 cm=……..m
Tanya : S’=…..?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Titik dekat seseorang 6 m, kuat kaca mata yang diperlukan adalah…
Jawab:
Diket : S= ……m S’=…….m
Ditanya : P=……?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

5. Lengkapi tabel berikut!
No P (dioptri) S (meter) S’ (meter) f
1 ….. 0,25 ….. 2
2 1,5 0,25 ….. …..
3 ….. 0,25 ….. 0,5
4 2,5 ∞ ….. …..
5 3 ∞ ….. …..



---- $εαăμάτ βέκέгךά ----





Lembar Kerja Siswa

Nama : __________________________
Kelas : __________________________
A. Judul
Alat-alat Optik
B. Standar Kompetensi
3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik
C. Kompetensi Dasar
3.2 Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari
D. Uraian Materi
Lup (pertemuan 2)
1. perbesaran lup untuk mata berakomodasi maksimum
2. perbesaran lup untuk mata tidak berakomodasi
3. perbesaran lup untuk mata berakomodasi pada jarak x
E. Indikator Spesifik
 Menganalisis pembentukan bayangan pada lup
 Membedakan pengamatan dengan mata berakomodasi dan mata tidak berakomodasi pada lup
 Menghitung perbesaran lup

F. Latihan
Perhatikan wacana berikut!
Lup (kaca pembesar) dipakai untuk melihat benda-benda kecil agar tampak lebih besar dan jelas. Oleh tukang arloji, lup dipakai agar bagian jam yang diperbaikinya kelihatan lebih besar dan jelas. Oleh siswa saat praktikum biologi, lup dipakai untuk mengamati bagian hewan atau tumbuhan agar kelihatan besar dan jelas. Sebagai alat optik, lup berupa lensa cembung tebal (berfokus pendek). Sifat bayangan yang diharapkan dari benda kecil yang dilihat dengan lup adalah tegak dan diperbesar. Orang yang melihat benda dengan menggunakan lup akan mempunyai sudut penglihatan (sudut anguler) yang lebih besar daripada orang yang melihat dengan mata biasa. Ada dua cara memakai lup, yaitu dengan mata tak berakomodasi dan mata berakomodasi.
Jawablah pertanyaan dibawah ini!
1. Berdasarkan pembentukan bayangan pada wacana pertama diatas, tentukanlah sifat-sifat bayangan yang dihasilkan! Serta gambar pembentukan bayangannya!
Jawab:…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Tuliskan rumus untuk perbesaran lup (M) dan keterangannya:
a. Untuk mata Tak Berakomodasi:
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b. Untuk mata Berakomodasi Maksimum:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Seseorang yang memiliki titik jauh penglihatan 4 m akan menggunakan lup. Jarak focus lup adalah 12,5 cm dan orang tersebut menggunakan lup dengan mata tidak berakomodasi. Maka letak bayangan tulisan terhadap lup adalah?
Jawab:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Sebuah lup memiliki jarak focus 10 cm. digunakan untuk melihat benda kecil yang berjarak 5 cm dari lup. Perbesaran angular lup itu adalah?
Jawab:
Diket : f=……cm S=………cm
Tanya : M=……kali
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5. Lengkapi tabel dibawah ini!
Pada Lup saat mata berakomodasi maksimum ( S’ = -Sn )
No M (kali) S’ (cm) f (cm)
1 2 5 …..
2 3 10 …..
3 4 15 …..





---- $εαăμάτ βέκέгךά ----











Lembar Kerja Siswa

Nama : __________________________
Kelas : __________________________
E. Judul
Alat-alat Optik
F. Standar Kompetensi
3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik
G. Kompetensi Dasar
3.2 Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari
H. Uraian Materi
Mikroskop (pertemuan 3)
1. Perbesaran linear mikroskop
2. Perbesaran anguler mikroskop
• untuk mata berakomodasi padad jarak x
• untuk mata tidak berakomodasi
• untuk mata berakomodasi maksimum
G. Indikator Spesifik
 Menganalisis pembentukan bayangan pada mikroskop
 Membedakan pengamatan dengan mata berakomodasi dan mata tidak berakomodasi pada mikroskop
 Menghitung perbesaran dan panjang mikroskop

H. Latihan
1. Tuliskan bayangan yang dibentuk mikroskop pada lensa:

a. Objektif : ……………………………………………………………….
b. Okuler : ……………………………………………………………….
2. Dalam sebuah praktikum seorang siswa menggunakan mikroskop untuk mengamati suatu benda yang diletakan 1,5 cm didepan lensa objektif. Dengan jarak fokus objektif dan okuler masing-masing 1 cm dan 2,5 cm. Tentukanlah perbesaran total mikroskop bila mata dibelakang lensa okuler melihat Tanpa Berakomodasi adalah?

Diket : SOB= ...…cm ; fOB= ..….cm ; fOK= ......cm ; Sn= …cm ; SOK= -∞
Tanya : MTOT=………kali
Jawab :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Sebuah benda berada pada jarak 2 cm dibawah lensa objektif sebuah mikroskop yang mempunyai jarak focus 18 cm.sedangkan jarak focus lensa okulernya 6 cm. seseorang dengan titik dekat 30 cm melihat bayangan benda tersebut dan Berakomodasi Maksimum . perbesaran total mikroskop tersebut adalah?
Diket : SOB= ...…cm ; fOB= ..….cm ; fOK= ......cm ; Sn= …cm
Tanya : MTOT=………kali
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4. Pada sebuah microsko diketahui jarak focus lensa okuler 20 cm dan jarak bayangan terhadap lensa objektif 30 cm. maka panjang mikroskop pada saat mata tidak berakomodasi adalah?
Diket :
Tanya :
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

5. Lengkapi tabel berikut!
No d (cm) S’OB (cm) SOK (cm)
1 20 16 …..
2 21 ….. 5
3 22 ….. 6




---- $εαăμάτ βέκέгךά ----







Lembar Kerja Siswa

Nama : ___________________________
Kelas : ___________________________

A. Judul
Alat-alat Optik
B. Standar Kompetensi
3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik
C. Kompetensi Dasar
3.2 Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari
D. Uraian Materi
Pertemuan 4 ;
1. Teropong bias, terdiri dari:
a. teropong bintang
b. teropong prisma
c. teropong panggung
d. teropong panggung
2. Teropong pantul
E. Indikator Spesifik
 Menganalisis pembentukan bayangan pada teropong
 Mendeskripsikan fungsi dan bagian-bagian teropong
 Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum
 Menghitung perbesaran teropong
 Mengidentifikan penerapan teropong dalam kehidupan sehari-hari

F. Tugas
1. Tuliskanlah persamaan perbesaran (M) dan panjang (d) teropong untuk mata berakomodasi dan tidak berakomodasi!
Jawab:
a. Teropong_Bintang
Tak_Berakomodasi
M= ……………………………………………………………………………
d =
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Berakomodasi Maksimum
M= ……………………………………………………………………………
d =
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
b. Teropong_Bumi
Tak_Berakomodasi
M= …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
d =
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Berakomodasi Maksimum
M= …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
d =
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2. Seorang siswa yang sedang menggunakan teleskop mengamati sebuah satelit yang mempunyai lensa objektif dengan jarak fokus 50 cm dan lensa okuler yang berkekuatan 50 dioptri. tentukanlah perbesaran sudut teleskop tersebut jika mata tidak berakomodasi! Serta gambarkanlah pembentukan bayangan pada teleskop tersebut!
Diket : _________ __________ __________
_________ __________ __________
Tanya : M=…..kali
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………gambar pembentukan bayangan:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3. Lengkapi table berikut:
Teropong Bintang;(mata tidak berakomodasi)
No fOB (cm) fOK (cm) M (kali) d (cm)
1 25 12,5 ...... …..
2 50 50 ...... …..
3 75 ….. 3 …..
4. Lengkapi tabel berikut:
Teropong bumi;(mata tidak berakomodasi)
No fOB (cm) fOK (cm) fpembalik M (kali) d (cm)
1 20 5 4 ….. …..
2 30 10 6 ….. …..
3 40 …. 8 2 …...

5. Sebuah teropong bumi digunakan untuk mengamati benda ditak hingga. Jarak fokus lensa objektif, lensa pembalik dan lensa okuler masing-masing 50 cm, 4 cm, dan 5 cm. panjang teropong tersebut jika mata berakomodasi adalah? (Sn = 25 cm)
Diket : fob= ____cm
fpb= ____cm
fok= ____cm
Tanya : d = …..?
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


---- $εαăμάτ βέκέгךά ----

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar