Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

12.12.2009

Anggota KKN Kel. Tarantang



BAB I
PENDAHULUAN

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan dari pusat pengabdian kepada masyarakat yang bersifat khusus, karena dalam KKN dipadukan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian. KKN merupakan kegiatan intra kurikuler yang diatur secara sistematis dan dilaksanakan selama 45 hari dibawah bimbingan dosen pembimbing lapangan dan civitas akademik IAIN IB Padang dengan sasaran utama memberikan pendidikan kepada mahasiswa dan dalam pelaksanaannya mengambil lokasi ditengah masyarakat dan melibatkan masyarakat tersebut.
Disinilah tugas mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat dengan memberikan ide pembaharuan, pemikiran baru yang bersifat praktis, pragmatis kepada masyarakat yang ada dinagari, sehingga dapat merangsang, mendorong dan meningkatkan pengertian kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.
Secara garis besarnya tujuan dari KKN IAIN Imam Bonjol Padang adalah sebagai berikut:
1. Membekali mahasiswa dengan pengalaman belajar tentang pembangunan masyarakat, sehingga lebih menghayati permasalahan yang dihadapi serta belajar memecahkan permasalahan secara holistik interdisipliner.
2. Memperkenalkan kepada mahasiswa tentang fungsi dan peranannya dalam Pembangunan Nasional, sehingga dapat menumbuhkan kesadaran tentang hak dan tanggung jawab mahasiswa sebagai calon pemimpin di masa depan.
3. Memberikan motivasi dan bimbingan kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan penghayatannya terhadap ajaran Islam.
4. Membantu pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan guna menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga pada gilirannya dapat menjadi motivator dan dinamisator pembangunan.
Adapun tujuan dari pembuatan laporan ini adalah:
1. Belajar untuk mengetahui dan memahami fenomena dari permasalahan yang ditemui ditengah masyarakat kemudian menemukan faktor penyebab timbulnya masalah yang terjadi serta mencari jalan keluarnya dari permasalahan itu.
2. Sebagai gambaran yang akurat dan autentik dari apa yang dikerjakan atau dilaksanakan mahasiswa di daerah KKN.
3. Sebagai sumbangan pemikiran dan bahan masukan kepada masyarakat tentang situasi dan kondisi.
4. Memberikan pengertian pada masyarakat tentang peranan agama sebagai pendorong dan penggerak pembangunan sehingga menjadi manusia yang dicintai Allah dan sesama manusia.



















BAB II
GAMBARAN UMUM

A. Diskripsi wilayah secara singkat
Kelurahan Tarantang merupakan sebuah daerah yang terletak di kecamatan Lubuk Kilangan, yang daerahnya rata-rata perbukitan dengan jalan yang telah beraspal dan jarak perumahan penduduk tidak berjauhan satu dengan lainnya. Wilayah Tarantang merupakan daerah yang dikelilingi sawah dan ladang yang terletak diantara Kampuang Jua dan Baringin. Batas-batas dari wilayah Kampung Koto Keduduk adalah:
a. Sebelah Barat berbatasan dengan Kampung Jua
b. Sebelah Timur berbatasan dengan Baringin
c. Sebelah Utara berbatasan dengan Koto Lalang
d. Sebelah Selatan berbatasan dengan Bukit
Kelurahan Tarantang memiliki kondisi cuaca yang sedang, hal ini disebabkan oleh letak daerahnya yang berada dikawasan perbukitan dan dipertengahan kampung lainnya. Mengenai data luas wilayah Kelurahan Tarantang yang dimulai dari luas sawah, hutan, perumahan, pekarangan, perbukitan tidak diketahui karena daftar isian yang ada dalam buku Profil Kelurahan Tarantang kurang lengkap. Tingkat erosi tanah dan kedalaman volume tanah tidak diketahui namun, lahan kritis dan lahan terlantar di Koto Keduduk terbagi atas:
a. Lahan kritis : 5 ha
b. Lahan terlantar : 7 ha
c. Lahan produktif :

Kelurahan Tarantang memiliki sumber daya alam yang melimpah serta menjanjikan di bidang pertanian seperti durian, duku, jambak, manggis, coklat, kelapa, dan padi. Selain bermata pencaharian sebagai petani, masyarakat Kelurahan Tarantang juga beternak yaitu beternak sapi, ayam dan itik.
Dari segi pendidikan Kelurahan Tarantang sangat rendah. Hal ini disebabkan dari minat dan motivasi dalam pendidikan orang tua, murid dan guru. Orang tua cendrung pasif terhadap hasil karya, bakat dan minat anak sehingga anak tidak termotivasi untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Ini terlihat pada sikap orang tua yang lebih senang apabila anaknya mau ikut keladang, mengembalakan ternak (sapi) bahkan pergi merantau kenegri orang untuk mendapatkan pekerjaan.
Mengenai fasilitas sosial masyarakat Kelurahan Tarantang dapat dirinci sebagai berikut:
a. Lapangan Badminton : 3 buah
b. Lapangan bola kaki : 1 buah
c. Gedung SD : 1 buah
d. Mesjid : 1 buah
e. Mushalla : 6 buah

Mengenai transportasi di Kelurahan Tarantang sangat lancar, kemudian penerangan listrik di Kelurahan Tarantang sudah merata, hal ini ditandai dengan adanya masyarakat yang memasukkan listrik ke rumah dan berfungsi sebagai penerangan listrik di sepanjang jalan. Partisipasi masyarakat di bidang kebersihan agak kurang. Ini terlihat dari sampah yang ada di sekitar rumah penduduk sehingga tempat sampah yang ada tidak berfungsi dengan baik .

B. Permasalahan umum secara singkat
1. Permasalahan dalam Bidang Agama
a. Cukup tingginya semangat anak-anak untuk mengaji di TPA / TPSA Masjid Ruhama.
b. Kurangnya kepedulian orang tua untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan proses belajar anak di TPA / TPSA
2. Permasalahan dalam Bidang Pendidikan
a. Rendahnya pemahaman masyarakat terhadap pendidikan.
b. Rendahnya motivasi anak dalam menuntut ilmu.
c. Kurangnya motivasi orang tua terhadap anak untuk melanjutkan
pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
3. Permasalahan dalam bidang sosial masyarakat
a. Masyarakat cendrung hidup berkelompok-kelompok.
4. Permasalahan dalam bidang administrasi pemerintahan
a. Belum berfungsinya sistem pemerintahan dengan baik.
b. Belum adanya batasan yang tertulis antar kampung.

C. Identifikasi masalah yang ditetapkan ( Bentuk-bentuk program kerja masing-masing bidang serta target yang akan dicapai secara kuantitatif)
1. Bidang Agama
a. Pelaksanaan Tarwih & Ceramah Ramadhan di Mesjid at Tawakal, Mushalla al –Ikalas, Mushalla Ikhwatul Muslimin, dan Ahlussunanh di Kelurahan Tarantang
Pelaksanaan shalat tarwih merupakan suatu ibadah yang disunatkan di bulan suci ramadhan. Sedangkan ceramah ramadhan merupakan kegiatan yang paling tepat dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman ajaran agama Islam kepada masyarakat. Ceramah ramadhan memiliki manfaat yang besar baik bagi mahasiswa KKN maupun siswa tingkat pertama dan siswa tingkat atas.
b. Didikan Subuh
Tujuan dari kegiatan ini adalah:
a. Mendidik generasi muda agar shalat subuh di awal waktu.
b. Untuk melatih dan mengembangkan bakat minat dari peserta didik di bidang keagamaan.
c. Membina para peserta didik untuk berani tampil di depan teman-temannya ataupun di depan khalayak ramai.
c. Tabligh Akbar,(21 Agustus 2008) di mushalla ahlussunnah
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan dan dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan.
2. Bidang Prasarana Fisik/Lingkungan hidup
Di bidang ini, kegiatan yang dilakukan adalah gotong royong bersama anak sekolah dasar dan warga masyarakat untuk membersihkan sarana ibadah dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan di mushalla ahlussunnah. Goro pembuatan taman PKK di depan kantor lurah, goro bersama warga RT 1 RW 1.

3. Bidang Pendidikan, sosial budaya dan kesehatan
a. Pembinaan seni baca Al-Qur’an (TPA/TPSA)
Kegiatan ini dilakukan untuk membina generasi penerus agar dapat membaca Al-Qur’an dengan alunan irama yang indah (tilawah). Sehingga terbentuklah kader yang mempunyai kemampuan seni dalam membaca Al-Qur’an. Dengan demikian syi’ar agama Islam akan meningkat ditengah masyarakat.
b. Pendataan kemampuan baca tulis Al-Quran (siswa SD, SLTP,dan SMA di Kelurahan Tarantang)
Pendataan dilakukan untuk mengetahui berapa banyaknya siswa di Kelurahan Tarantang yang telah lancar baca Al-Qur’an, yang kurang lancar baca Al-Qur’an, yang tidak pandai baca Al-Qur’an bahkan yang masih iqro’.
c. Pembinaan seni baca Al Quran di Mushalla Ahlussunnah
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan bakat-bakat seni baca Al-Qur’an bagi siswa sekolah dasar, remaja dan remaji. Karena siswa sekolah dasar yang belajar mengaji di TPA / TPSA telah ada yang lancar baca Al-Qur’an. Dengan demikian dapat mempermudah kami untuk mengajari mereka untuk pandai baca Al-Qur’an dengan seni tilawah.
d. Pesantren ramadhan tingkat siswa SD, SLTP, dan SMA di Kelurahan Tarantang
Pesantren ramadhan merupakan satu paket program pendidikan informal yang dilakukan pada bulan ramadhan di lembaga yang melibatkan tokoh masyarakat, orang tua, pendidik dan mahasiswa KKN. Tujuan dari pesantren ramadhan adalah:
1. Melakukan pembinaan keagamaan yang intensif sehingga menumbuhkan kebiasaan cinta masjid serta beribadah di Masjid.
2. Program ini untuk membentuk akhlakul kharimah anak dan orang tua (aspek afektif).
e. Temu ramah ( Mahasiswa KKN dengan Pemuda Kelurahan Tarantang)
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan suatu hubungan yang lebih dekat antara mahasiswa KKN dengan pemuda pemudi demi kelancaran program yang di susun sebelumnya maupun tawaran dari pemuda pemudi Kelurahan Tarantang itu sendiri.
f. Temu ramah ( Mahasiswa KKN dengan Warga Kelurahan Tarantang)
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan suatu hubungan yang lebih dekat antara mahasiswa KKN dengan warga demi kelancaran program yang di susun sebelumnya maupun tawaran dari warga Kelurahan Tarantang itu sendiri.
g. Sosial masyarakat : Goro Mushalla jelang ramadhan
Bertujuan untuk membersihkan sarana ibadah yang ada sehingga dapat menumbuhkan kecintaan terhadap masjid dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan disekitar masjid dan mushalla.

4. Bidang (pelaksanaan program Kelurahan)
Kegiatan ini terdiri dari dua bidang yaitu pelatihan baca al Quran, fahmil Quran yang akan menjadi ajang perlombaan di tingkat Kelurahan Tarantang dan Kecamatan Lubuk Kilangan. Melalui pembinaan pada bidang tersebut diharapkan dapat mencetak generasi yang bisa tampil di tengah masyarakat sehingga dapat membangun kampung yang ada di Kelurahan Tarantang.


BAB III
PELAKSANAAN PROGRAM KERJA DAN HASILNYA

A. Hasil pelaksanaan program kerja dari masing-masing bentuk menurut bidangnya secara kuantitatif
1. Bidang Agama
a. Pelaksanaan Tarwih dan Ceramah Ramadhan di Mushalla Ahlulsunnah, Ihwatul Muslimin dan al-Ikhlas
Untuk kegiatan ini kami mahasiswa KKN IAIN Imam Bonjol Padang koto keduduk melaksanakannya selama bulan ramadhan yang dimulai pada tanggal 31 Agustus hingga tanggal 24 September 2008.
b. Didikan Subuh
Kegiatan didikan subuh dilaksanakan sebelum bulan ramadhan tepatnya pada tanggal 17,24,31 Agustus 2008, yang diadakan di Mushalla al-Ikhlas setiap minggu pagi.
c. Tabligh Akbar, (21 Agustus 2008) di mushalla ahlussunnah
Acara yang ada adalah ceramah agama yang diberikan oleh ustad jamil yang diundang oleh mahasiswa KKN IAIN IB Padang dan partisipasi para warga, yang diselingi dengan acara makan secara bersama-sama di dalam mushalla tersebut
d. Nuzul Quran, 14 Ramadhan di Mushalla Ahlussunnah
Tradisi yang ada di Kelurahan Tarantang dalam bulan ramadhan, salah satunya adalah nuzul quran yang diadakan pada 14 malam ramadhan dalam rangka menyambut nuzul quran.
.
2. Bidang Prasarana Fisik/Lingkungan hidup
Pelaksanaan dari program ini adalah pada tanggal 13-16 Agustus 2008, dengan melibatkan murid SD 04 Tarantang dan para pemuda setempat untuk melaksanakan goro bersama.
Bidang Pendidikan, sosial budaya dan kesehatan
a. Pembinaan seni baca Al-Qur’an (TPA/TPSA)
Kegiatan ini dilaksanakan di masjid at Tawakal, mushalla al ikhlas, ihkwatul muslimin dan ahlussnah pada bulan ramadhan yang diikuti oleh seluruh anak didik yang belajar mengaji di TPA / TPSA mesjid dan mushalla. Kegiatan ini dilaksanakan setelah selesai melaksanakan shalat subuh berjamah yang diakhiri pada waktu masukknya pesantren ramadahan. Mahasiswa KKN bertindak langsung sebagai pembina seni baca Al-Qur’an tersebut.
b. Pendataan kemampuan baca tulis Al-Quran (siswa SD 32 Koto Keduduk)
Pendataan ini kami laksanakan pada tanggal 18 Agustus 2008 di mesjid dan mushalla pelaksanaan pesantren ramadhan dari kelas IV sampai kelas VI, sedangkan murid kelas I sampai III tidak kami lakukan pendataan, dikarenakan belum dapatnya mereka membaca Al-Qur’an (masih Iqro’). Dan dari data yang diperoleh ternyata masih banyak yang belum lancar membaca al Quran.
f. Pesantren Ramadhan tingkat SD, SLTP dan SMA
Kegiatan pesantren ramadhan dilaksanakan pada tanggal 1-25 September 2008 di mesjid dan mushalla dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat baik itu tokoh masyarakat, kepala sekolah, guru, pengurus masjid bahkan orang tua. Program Pesantren ini dilaksanakan hanya untuk murid SD kelas IV, V dan VI, kemudian SLTP dan SMA semua tingkat.
g. Temu ramah ( Mahasiswa KKN dengan Pemuda dan warga Kelurahan Tarantang)
Pertemuan ini dilaksanakan pada tanggal 18-22 Agustus 2008 yang bertempat di mesjid dan mushalla yang ada di kelurahan Tarantang yaitu selesai shalat isya. Dalam pertemuan ini selain dalam rangka ta’aruf juga membicarakan program yang dibawa oleh mahasiswa KKN IAIN yang berlokasi di Kelurahan Tarantang.
k. Sosial masyarakat : Goro di mushalla ahlusunah jelang ramadhan.
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2008, dengan melibatkan siswa SD dan para pemuda, dan alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar.
3. Bidang Pendidikan, sosial budaya dan kesehatan
Pembinaan seni baca Al-Qur’an (TPA/TPSA)
Kegiatan ini dilaksanakan di masjid dan mushalla 1-25 September 2008 yang diikuti oleh seluruh anak didik yang belajar mengaji di TPA/ TPSA. Kegiatan ini dilaksanakan setelah selesai melaksanakan shalat magrib berjamah yang diakhiri pada waktu masukknya shalat isya. Mahasiswa KKN bertindak langsung sebagai pembina seni baca Al-Qur’an tersebut.

4. Bidang (pelaksanaan program kenagarian)
Dalam rangka menyukseskan program Kelurahan yaitu perlombaan di bidang MTQ di Padang Besi 19-21 september 2008, MTQ tingkat kelurahan DI Tarantang 22-24 September 2008 dan MFQ maka pelatihan untuk mempersiapkan peserta untuk mengikuti lomba telah dilaksanakan pada tanggal 25-27 September 2008 yang mana tingkat SD mendapatkan peringkat ke tiga.

B. Faktor pendukung dan penghambat
1. Faktor pendukung
a. Adanya perhatian dan dorongan dari tokoh masyarakat, kepala sekolah, guru, pengajar TPA / TPSA serta masyarakat terhadap kedatangan dan keberadaan mahasiswa KKN.
b. Adanya hubungan kerja sama yang baik antara pemuda dan mahasiswa KKN
c. Adanya perhatian, bimbingan dan dorongan dari tuan rumah tempat kami mahasiswa KKN tinggal.
d. Adanya rasa tanggung jawab dan kerja sama yang baik dari anggota mahasiswa KKN.
e. Adanya rasa kekeluargaan yang tinggi diantara anggota masyarakat.

2. Faktor penghambat
a. Jauhnya tempat memfoto kopi surat-surat yang di perlukan untuk kelancaran program kerja mahasiswa KKN IAIN di Kelurahan Tarantang
b. Keterbatasan dana menyebabkan agak tersendatnya program kerja mahasiswa KKN karena hanya di ambil dari iuran mahasiswa KKN dan sumbangan para warga yang berlokasi di Kelurahan Tarantang
c. Sulitnya mengumpulkan warga dalam suatu acara.

C. Pembahasan pelaksanaan program kerja dan hasil yang dicapai (secara analisis)
Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan sarana yang memberikan pendidikan pelengkap kepada mahasiswa, dan mahasiswa berperan membantu masyarakat dalam menggiatkan pembangunan yang berlangsung di lokasi kegiatan KKN. Dari sekian banyak program yang di laksanakan yang dimulai pada tanggal 11 Agustus – 25 September 2008, alhamdulillah telah berjalan dengan lancar.
Hal ini terlihat dari beberapa program yang telah berjalan, dimana diantara banyak program yang diangkat yang menjadi unggulan adalah program pesantren Ramadhan yang merupakan program wali kota Padang untuk anak-anak usia sekolah, kemudian didikan subuh, karena program ini adalah program yang bernilai agama sehingga diharapkan mampu membektuk akhak anak-anak Tarantang kearah yang lebi baik. Program ini menarik perhatian warga masyarakat khususnya anak didik karena agenda atau jadwal yang direncanakan berjalan dengan baik.



BAB IV
PENUTUP

A. Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Kelurahan Tarantang termasuk kedalam Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Program Mahasiswa KKN IAIN IB Padang yang berlokasi di Kelurahan Tarantang telah dilaksanakan dengan lancar, sehingga manfaat dari KKN ini bagi mahasiswa sangat banyak. Diantaranya adalah mahasiswa mendapat berbagai pengalaman yang sangat berarti bagaimana hidup di tengah masyarakat. Kelurahan Tarantang merupakan suatu daerah yang memiliki kelebihan sumber daya alam yang berlimpah dengan keadaan jalan yang sudah beraspal. Kelurahan Tarantang lebih maju jika dibandingkan dengan kampung yang lain dilihat dari segi Ekonomi dan tata sosialnya yang sangat bermasyarakat.

B. Saran-saran
Setelah mengikuti KKN di Kelurahan Tarantang ini maka beberapa saran yang akan diberikan adalah:
1. Kepada mahasiswa yang akan ber-KKN hendaknya mempersiapkan diri baik fisik maupun mental serta memiliki pengalaman, kretaifitas dan inisiatif yang tinggi dalam mengahadapi masyarakat yang heterogen apalagi dengan berbagai tantangan yang dimasa yang akan datang.
2. Bagi masyarakat Parak Karambie, jadikanlah segala kegiatan yang telah kami laksanakan sebagai tombak atau langkah awal untuk kemajuan di masa yang akan datang.
3. Kepada seluruh perangkat lurah, alim ulama, cerdik pandai, ninik mamak dan bundo kanduang agar senatiasa memperhatikan problema yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.
4. Para pemuda dan pemudi Parak Karambie harapan bangsa, masa depan kelurahan berada dipundak anda. Untuk itu generasi muda harus bertanggung jawab untuk menjaga, memakmurkan dan memajukan Kelurahan Tarantang ke arah yang lebih baik. Jauhi perbedaan carilah persamaan
5. Kepada seluruh pembaca, penulis sangat mengharapkan kritikan dan saran demi kesempurnaan laporan ini dan demi kelancaran kegiatan KKN di masa yang akan datang.

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar