Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

5.22.2010

EVALUASI BELAJAR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2009/2010

EVALUASI BELAJAR SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Mata Pelajaran : Pend. Agama Islam
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas : XI


PETUNJUK UMUM :

1. Tuliskan terlebih dahulu nama, nomor ujian Anda pada lembar jawaban yang disediakan.
2. Perhatikan kolom “PERHATIAN” dan kolom “CONTOH CARA MENGHITAMKAN” pada lembar jawaban :
a. Tuliskan nomor peserta, kode mata ujian (sesuai dengan kode mata ujian yang terdapat pada lembar jawaban!)
b. Cantumkan nama peserta ujian dalam kolom pernyataan bahwa data yang diisikan adalah benar.
c. Jawaban diisikan pada “LEMBAR JAWABAN” dengan menggunakan pensil 2B
3. Periksa dan bacalah soal-soal dengan teliti sebelum Anda menjawabnya.
4. Dahulukan menjawab soal-soal yang Anda anggap mudah.
5. Periksa ulang lembar jawaban Anda sebelum diserahkan pada pengawas.

PETUNJUK KHUSUS :
Pilihlah jawaban yang paling tepat dan hitamkan pada lembar jawaban.


1. Perhatikan potongan ayat berikut:
ْ  
Bacaan yang benar pada ayat di atas adalah….
a. Liyuziqohum bakdallazi
b. Liyuuziiqahum bakdal lazii
c. Liyuzii qahum bakdal lazii
d. Liyuzii qohum bakdal lazii
e. Liyuzii qohum bakdal lazi

2. Perhatikan potongan ayat berikut:
 
Hukum bacaan pada potongan ayat di atas adalah…..
a. Izhar syafawi – mad arid lisukun
b. Izhar halqi – mad arid lisukun
c. Ikhfa syafawi – mad asli
d. Ikhfa hakiki – mad tabii
e. Mad iwad – mad arid lisukun

3. Perhatikan potongan ayat berikut:
  
Hukum tajwid pada potongan ayat yang bergaris adalah ….
a. Ikhfa syafawi
b. Izhar syafawi
c. Idqham mimi
d. Idgham bighunnah
e. Mad Arid lisukun

4. Kalimatفِيْ الْبَرِّ وَ البَحْر artinya adalah…
a. Di darat dan di laut
b. Di laut dan di darat
c. Di air dan di darat
d. Di darat dan di bumi
e. Di udara dan di laut


5. كَا نَ اَ كْثرُ هُمْ مُشْرِ كِيْنَ
Kalimat yang bergaris di bawah pada potongan ayat di atas adalah …..
a. Kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik
b. Kebanyakan mereka adalah orang-orang yang kafir
c. Kebanyakan mereka adalah orang-orang yang munafik
d. Kebanyakan mereka adalah orang-orang yang shaleh
e. Kebanyakan mereka adalah orang-orang yang mempersekutukan Allah



6. ذ لِكَ – كَفِرُوْا – الَّذِ يْنَ - َطنُّ
4 3 2 1
Susunan kalimat yang benar pada potongan ayat di atas adalah …..
a. 1-4-3-2
b. 2-4-3-1
c. 4-3-2-1
d. 3-4-2-1
e. 1-3-2-4

7. اَمْ نَجْعَلُ............كَا اْلفُجَّا رِ
Sambungan yang tepat pada potongan ayat di atas adalah …..
a. الذِ يْنَ
b. كَفَرُ وْا
c. المُتقِيْنَ
d. اَ مَنُوْ
e. وَ عَمِلُ

8. َفوَ يْلٌ لِلذِ يْنَ كَفَرُ وْا .......
Sambungan yang benar dari ayat di atas adalah ….
a. مِنَ النَّا رِ
b. فِيْ الاَْ رْض
c. ُتفْلِحُوْ نَ
d. يُفْلِحُونَ
e. يَرْ جِعُوْنَ

9. Dalam Q.S Ar Rum ayat 41 menyatakan bahwa …..
a. Allah menciptakan alam semesta
b. Kerusakan alam disebabkan oleh orang-orang munafik
c. Kerusakan alam disebabkan oleh manusia
d. Adanya alam semesta merupakan bukti adanya Allah
e. Manusia adalah khalifah dimuka bumi

10. Pada kalimat artinya adalah …..
a. Angin
b. Awan
c. Hujan
d. Air
e. Udara
11. اِنَّ رَحْمَة اللهِ قَرِ يْبٌ .......
Sambungan yang benar pada potongan ayat di atas adalah …..
a. مِّنَ المُفسِدِ يْنَ
b. مِّنَ المُحسِدِ يْنَ
c. مِنَ الِلْمُتقِيْنَ
d. مِنَ المُؤْ مِنِيْنَ
e. مِنَ الْفاسِقوْ نَ

12. مِنَ النـار Hukum bacaan ayat disamping adalah …..
a. Izhar – mad aridlisuku
b. Izhar – mad asli alif
c. Wajibul ghunnah – mad aridlisukun
d. Wajibul ghunnah – mad jaiz
e. Ikhfa hakiki – mad arid lisukun

13. فوَ يْلٌ لِّلَّذِ يْنَ كَفَرُ وْ
Arti yang tepat pada potongan ayat diatas adalah …..
a. Maka celakalah orang-orang yang kafir
b. Maka celakalah orang-orang yang berdosa
c. Maka beruntunglah orang yang menjahui kekafiran
d. Kecelakaan besar bagi para pendusta (pembangkang)
e. Maka celakalah orang-orang yang berbuat fasik

14. وَمَا خَلَقْناَ الْسَّمَا وَ الاَرْضَ وَمَا.......
Sambungan yang tepat pada potongan ayat diatas adalah …..
a. بَيْنَهُمْ
b. بَيْنَهُن
c. بَيْنَهُ
d. بَيْنَهُمَا
e. بَيْنَهَا

15. Maksud yang terkandung didalam Q.S Ash Shad ayat 27 adalah, antara lain:
a. Allah yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya
b. Allah yang menurunkan hujan dari langit
c. Allah yang telah menciptakan angin
d. Dengan angin Allah menghembuskan awan
e. Bumi yang subur akan menumbuhkan tanaman yang baik

16. Mempercayai dan meyakini bahwa Allah menurunkan kitab-Nya kepada para Rasul-Nya sebagai pedoman hidup manusia. Pernyataan tersebut adalah …..
a. Iman kepada kitab Allah
b. Iman kepada rasul Allah
c. Iman kepada para Nabi dan Rasul Allah
d. Iman kepada hari akhir
e. Iman kepada qada dan qadhar

17. Jika kamu menonton acara televisi dan menemukan acara yang menayangkan acara bacaan al-Quran maka sikap kamu sebagai orang yang beriman adalah …..
a. Menonton sampai selesai
b. Mencari acara lain yang disukai
c. Mematikan televisi karena acaranya tidak disukai
d. Pergi mencari acara lain
e. Dibiarkan saja berlalu

18. Yang dimaksud dengan menghargai yaitu….
a. Mencintai
b. Menghormati
c. Menolong
d. Merajut
e. Melakukan

19. Cara menghargai hasil karya orang lain adalah dengan memenuhi haknya, dibawah ini yang tidak termaksud menghargai karya oaring lain adalah…..
a. Mengucapkan salam jika bertemu
b. Menjenguknya jika sakit
c. Memuaskan segala keinginannya
d. Mengantarkan jenasahnya
e. Memenuhi undangannya

20. Mengahargai hasil karya seseorang melalui pemberian sesuatu hadiah yang berharga adalah ….
a. Sikap menghargai karya orang lain
b. Menghormati karya orang lain
c. Menghargai karya orang lain
d. Menghormati dan menghargai karya orang lain
e. Maksud menghargai karya orang lain
21. Dosa besar yang tidak pernah diampuni Allah SWT adalah …..
a. Nifak d. Kafir
b. Fasik e. Zina
c. Syirik

22. Didalam kamus bahasa Indonesia dosa mempunyai arti…..
a. Perbuatan yang melanggar adat
b. Khilaf yang tidak disengaja
c. Perbuatan yang tidak terpuji
d. Pelanggaran hukum pemerintah
e. Pelanggaran hukum terhadap hukum Allah

23. Hukum terhadap orang yang mengambil harta orang lain, dengan menakut-nakuti serta membunuh pemilik hartanya adalah…
a. Dibunuh (qisas) d. Dirajam
b. Dicambuk e. Dipenjara
c. Didera

24. Hukum bagi orang yang meminum khamar adalah…..
a. Wajib d. Sunah
b. Makhruh e. Mubah
c. Haram

25. Perbuatan dosa besar yang harus dihindari karena pelakunya akan bias habis amalnya seperti api menghanguskan kayu bakar. Perbuatan itu adalah…..
a. Ria
b. Dengki
c. Takabur
d. Kufur
e. Nifak

26. Hukum penyelenggaraan jenasah orang islam adalah…..
a. Fardhu ‘ain
b. Fardhu kifayah
c. Sunah mu’akat
d. Sunah
e. Mubah

27. Pembiaan pengurusan jenasah hendaknya diambil dari…..
a. Harta kas masjid
b. Bantuan pemerintah
c. Harta peninggalan jenazah
d. Saudara dekatnya
e. Tetangganya
28. Dalam memandikan jenazah hendaknya dilakukan pada tempat yang tertutup maksudnya adalah…..
a. Mengikuti sunah Rasul
b. Terlindung dari hujan, panas matahari, dan pandangan mata orang banyak
c. Mengikuti adat istiadat
d. Menghindari diri dari dosa
e. Manjaga nama baik jenazah

29. Menurut ajaran islam syarat utama jenazah yang akan dimandikan, hendaknya jenazah itu diamndikan oleh….
a. Kerabatnya
b. Kita kenal
c. Muslim
d. Keluarga
e. Sahabat

30. Kain kafan yang disunahkan untuk jenazah adalah ….
a. Tiga lapis
b. Lima lapis
c. Satu lapis
d. Tujuh lapis
e. Dua lapis

31. Jika ada seorang laki-laki meninggal dunia dan beragama islam maka orang yang menyalatkan …..
a. Berdiri searah punggung
b. Berdiri searah atas pinggul
c. Berdiri searah betis
d. Berdiri ditengah-tengah
e. Berdiri searah kepala

32. Pada waktu memasukan jenazah kedalam kubur disunahkan membaca…..
a. Allhummaqfirlahu war hamhu
b. Basmalah
c. Bismillahi wa’ala millati rasuulihi
d. Salawat nabi
e. Hamdalah

33. Cara menguburkan jenazah yang mati ditengah laut adalah….
a. Disimpan setelah sampai didarat
b. Dibungkus dengan plastik dan diawetkan
c. Dibakar dan abunya dibuang
d. Ditenggelamkan dilaut tersebut
e. Menunggu sampai diawetkan

34. Membaca salawat Nabi dalam shalat jenazah dilakukan setelah….
a. Takbirratur ikhram
b. Takbir kedua
c. Takbir pertama
d. Takbir keempat
e. Takbir ketiga

35. Metode dakwah yang lebih cocok untjk objek dakwah dari kaum terpelajar adalah…..
a. Ceramah d. Berdiskusi
b. Demonstrasi e. Pemberian tugas
c. Nasihat

36. Membaca hamdalah atau puji-pujian kepada Allah dalam kutbah termasuk salah satu dari…..
a. Ketentuan kutbah
b. Syarat kutbah
c. Keutamaan kutbah
d. Rukun kutbah
e. Sunah kutbah

37. Seoran khatib hendaknya dalam keadaan suci dari hadas dan najis termasuk salah satu dari….
a. Rukun kutbah
b. Sunah kutbah
c. Keutamaan kutbah
d. Ketentuan kutbah
e. Syarat-syarat kutbah

38. Yang tidak termasuk syarat-syarat menjadi khatib jumat adalah…..
a. Muslim yang sudah mukallaf, beriman bertaqwa
b. Mengetahui ajaran islam, terutama aqidah, ibadah dan akhlak
c. Dapat membaca hamdalah, syahadat, salawat dengan baik
d. Orang yang dipandang terhormat
e. Hafal surat-surat yang termasuk dalam juz amma

39. Yang termasuk syarat dua kutbah jum’at adalah….
a. Khatib hendaknya duduk diantara dua kutbah
b. Membaca surat al-Ikhlas, ketika duduk antara dua kutbah
c. Khatib hendaknya berdiri diatas mimbar
d. Khutbah tidak terlalu panjang ataupun pendek
e. Khatib hendaknya mengawali dengan salam

40. Rasulullah SAW mengumpamakan sese-orang yang berbicara ketika ketika katib sedang berkutbah dengan…..
a. Burung d. Unta
b. Keledai e. Kerbau
c. Kambing

41. Kewajiban berdakwah bagi setiap muslim terdapat dalam surat ….
a. Al Baqarah 177 d. An nisa’ 59
b. Al isra 27 e. At tahrim 6
c. Ali imran 104

42. Dakwah dalam islam adalah wajib, apabila melihat kemungkaran maka hendaknya kita cegah. Mencegah yang paling rendah tingkat imannya adalah…..
a. Tangan
b. Lidah
c. hati
d. Menjahui teman yang jahat
e. Mengutuk perbuatan tersebut

43. Ketika khatib berkutbah jama’ah shalat jum’at hendaknya…..
a. Berzikir dengan khusuk
b. Mendengarkan dan memperhatikan
c. Membaca ayat-ayat al Quran
d. Membaca bulletin jum’at
e. Membaca do’a

44. Mengisi pengajian dinilai lebih ringan dari pada kutbah, karena…..
a. Pengajian relatif bebas, tidak terkait dengan aturan
b. Pengajian boleh diselingi humor
c. Pengajian dilakukan diluar mesjid
d. Dalam pengajian boleh diselingi dengan apapun
e. Isi pengajian tidak harus berbobot

45. Resiko nahi mungkar biasanya lebih berat dari pada amar makruf, karena nahi mungkar berarti…..
a. Mengikuti hati seseorang
b. Tidak menyukai yang mungkar
c. Setiap orang memiliki kehendak
d. Menolak ajakan seseorang
e. Menentang kehendak hati seseorang

46. Perkembangan islam semenjak Rasul sampai sekarang dibagi dalam fase-fase, diantara fase-fase masa pembaharuan yang diawali pada tahun…..
a. 1200 M d. 1500 M
b. 1300 M e. 1800 M
c. 1400 M

47. Tahun pembaharuan dalam islam yang melakukan gerakan pemurnian ajaran islam adalah…..
a. Muhammada bin abdul wahab
b. Jamaludin al afgani
c. Rifa’ah badawi
d. Muhammad rasyid Ridha
e. Syaid ahmad Khan

48. Tokoh pembaharuan yang bernama Muhammad bin abdul wahab mempunyai pemikiran untuk mengadakan pembaharuan dibidang….
a. Ibadah d. Akidah
b. Syari’ah e. Akhlak
c. Akhlak

49. Kelompok pembaharuan yang diipimpin Muhammad bin abdul wahab gerakannya bernama…..
a. Majelis Dakwah Islamiyah
b. Al muwakidin
c. Ahlus sunnah waljama’ah
d. Al Maududi
e. Muhammadiyah

50. Tokoh pembaharuan Muhammad Iqbal dikenal sebagai ahli sastra yang berasal dari Negara….
a. India d. Pakistan
b. Mesir e. Suriah
c. Irak

Oleh : SETRIANIS, SHI

Tantangan Pondok Pesantren Dalam Pembinaan Akhlak Generasi Muda
Pada Era Kemajuan Teknologi Informasi
Oleh : SETRIANIS, SHI


Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang lebih menitiberatkan pendidikan pada pendekatan agama Islam. Salah satu fungsi pondok pesantren adalah bagaimana mengembangkan agama Islam di muka bumi ini. Selain itu, pondok pesantren juga berfungsi sebagai lembaga pendidikan dalam menurunkan ilmu agama Islam kepada masyarakat dari generasi ke generasai. Dengan adanya pondok pesantren ini diharapkan mampu mengembangkan ilmu agama Islam dan membina generasi muda untuk senantiasa bertakwa kepada Allah SWT dan selalu menjalankan perintah-Nya serta menjauhi semua larangan-Nya. Setiap orang tua berhara dengan dimasukkan anaknya ke pondok pesantren mereka berharap aanak-anaknya dapat membentengi ilmu pengetahun umum dengan ilmu pengetahuan agama. Dengan adanya prosentasi yang besar dalam pemberian materi pendidikan agama Islam diharapkan kepada siswa-siswa yang lulus dapat menjadi sosok figur dalam masyarakat bukan saja dalam bidang agama tetapi juga dalam hal bersosialisasi dengan masyarakat.
Perkembangan zaman yang semakin maju ini membuat pondok pesantren harus berbenah diri. Hal ini dilakukan agar para siswa yang masuk ke pesantren tidak merasa rendah diri dibandingkan masuk ke sekolah umum. Selain itu, pondok pesantren juga harus mengembangkan ilmu agama dalam kemasan yang menarik perhatina para siswa sehingga dalam belajar para siswa merasa nyaman dan penuh semangat. Untuk menjadikan pondok pesantren menjadi salah satu lembaga pendidikan yang berkualitas baik dari segi ilmu pengetahuan agama maupun ilmu pengetahun dan teknologi, maka pondok pesantren harus melakukan beberapa perbaikan dalam sistem pendidikannya.
Hal yang penting sekali diperhatikan oleh para pengelola dan para guru dipesantren adalah permasalahan tantangan pondok pesantren dalam pembinaan akhlak generasi muda pada era kemajuan teknologi informasi. Hal ini merupakan permasalahan yang harus kita carikan solusi yang dapat menjadikan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang melahirkan siswa-siswa yang mempunyai akhlak mulia. Generasi muda merupakan generasi penerus yang akan mengembangkan agama dan ilmu pengetahuan lainnya. Untuk itu, pondok pesantren harus disiapkan dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin maju ini. Kalau hal ini tidak dilakukan maka akhlak dan moral generasi muda akan mudah dipengaruhi dan dikendalikan oleh para pihak yang ingin menghancurkan akhlah generasi muda Islam. Oleh karena itu guna menghadapi tantangan zaman dalam pembinaan akhlak generasai muda ini, maka pondok pesantren harus melakukan beberapa hal :
1. Mengadakan kegiatan-kegiatan baik intra maupun ekstra sekolah guna menyalurkan dan mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam diri setiap siswa. Kegiatan-kegiatan itu dapat berupa olah raga, MTQ, dan sebagainya. Dengan diadakan berbagai kegiatan ini diharapkan mampu mencegah para generasi muda untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak bermamfaat. Selainitu, para siswa juga harus diberikan pelatihan-pelatihan yang menunjang proses pendidikannya. Seperti ; pelatina computer, pelatihan bahasa arab dan inggris, pelatihan internet, pelatihan kepemimpinan dan sebagainya.
2. Para guru yang mengajar harus mampu memberikan contoh tauladan yang baik pada para siswa dan senantiasa mengarahkan siswanya supaya berakhlak mulia. Hal ini mempunyai peranan yang sangat penting bagi siswa karena perbuatan da tingkah laku para guru juga turut serta memberikan pengaruh pada perkembangan emosional siswa.
3. Para pengelola pesantren harus mampu memberikan kurikulum pendidikan dan sistem pendidikan yang mampu mengakomodir pengembangan akhlak siswa guna menghadapi tantangan zaman ini. Hal ini berarti para pengelola harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh para guru dan siswa dalam mengembangkan ilmu agama dan ilmu lainnya.
4. Faktor yang juga berpengaruh dalam pembinaan akhlak generasi muda adalah pengawasan yang dilakukan oleh para guru dan pihak pengeloal pesantren terhadap para siswanya. Dengan adanya pengawasan ini para siswa tidak akan mau melakukan perbuatan-perbuatan yang merusak akhlaknya.
5. Para orang tua juga harus memberikan motivasi kepada anaknya untuk masuk pesantren dan para orang tua juga harus mampu menunjukkan sikap yang baik pada anak-anaknya.
6. Perhatian pemerintah juga sangat berpengaruh dalam pembinaan akhklag generasi muda ini. Hal ini akan berpengaruh dalam menyiapkan tokoh-tokoh dan pemimpin baru dalam meneruskan pengembangan agama dan bangsa. Jadi, dalam bertindak pemerintah ahrus bersikap dan bertingkah laku yang baik sehingga dapat menjadi contoh bagi para siswa.
Jadi, apabila diperhatikan dari beberapa poin di atas maka dapat disimpulkan bahwa tantangan pondok pesantren dalam rangka pembinaan akhlak generasi muda bertumpu pada beberapa hal diantaranya siswa itu sendiri, para guru, para pengelola pesantren, para orang tua dan perhatian dari pemerintah. Apabila beberapa hal di atas dapat dikelola atau dalam artian manajemen yang bagus maka keberadaan pondok pesantren akan mempunyai pengaruh yang besar dalam menciptakan siswa-siswa yang mempunyai akhlak yang mulia dan berkualitas.
Jadi, untuk menciptakan generasi muda yang berakhlak mulia kita harus mulai dari sekarang, dari lingkungan yang kecil, dari hal yang kecil. Sehingga apa-apa yang kita cita-citakan dapat terlaksana dengan baik.

5.21.2010

VGA Eksternal: Alternatif Chipset Terintegrasi Pada Laptop


Belakangan ini sering muncul pertanyaan, apakah video graphic adapter (VGA) laptop/notebook bisa di-upgrade? Jawabannya adalah tidak, sebab pada dasarnya laptop yang memiliki VGA on-board tidak memiliki slot VGA tambahan. Namun di era teknologi seperti sekarang semua itu bisa saja menjadi mungkin.

Village Tronic, sebuah perusaan asal Taiwan yang bergerak di bidang grafis upgrade untuk laptop menawarkan solusi yang cukup menarik melalui produknya ViDock 2. Perangkat keras yang bisa dikategorikan sebagai VGA eksternal ini memberikan alternatif pengganti chipset terintegrasi. ViDock 2 sendiri diklaim mampu meningkatkan performa grafis 3D hingga 700%.

Produk ini menggunakan Express Card 2.0 yang berbasiskan teknologi I/O, PCI Express dan USB Release 2.0 hingga dapat mentransfer data sampai dengan 5Gbps, 2 kali lebih cepat dari ViDock 1. Dengan dukungan DVI, HDMI dan VGU ViDock 2 mampu menghasilkan resolusi gambar hingga 2560 x 1600 atau setara layar 30 inch.

Bayangkan pada review yang dilakukan oleh Tom's Hardware, ViDock 2 bisa menjalankan game yang kaya akan fitur grafis seperti Crysis dengan pengaturan rendah di resolusi 1024 x 768 dapat berjalan dikisaran 26 frame per detik, sementara chipset terintegrasi hanya pada 8 frame per detik. Dengan keunggulan yang telah dipaparkan tersebut, bisa dipastikan tak ada lagi halangan untuk bermain game ataupun menjalankan aplikasi 3D lewat laptop.

Tapi sayangnya produk ini masih sangat sulit ditemui dan kalau pun ada harganya dibanderol cukup tinggi. Untuk 1 Unit ViDock 2 termasuk video card ATI 4670 512MB DDR3 128bit kita harus merogoh kocek sekitar $380.

Namun tak perlu khawatir jika dana tak mencukupi, kita pun tetap bisa membuat VGA eksternal sendiri, tentunya dengan biaya yang jauh lebih rendah. Jika tertarik untuk membuatnya, silahkan kunjungi forum NotebookReview.

Chipset





Chipset merupakan Chip (kumpulan IC) yang biasanya ada di Motherboard. Chipset ini mengkoordinasikan hubungan atau kerja antar berbagai komponen di motherboard. Biasanya terdapat 2 chipset di Motherboard, yaitu notrhbridge dan southbridge.

Chipset Northbridge menghubungkan komponen seperti CPU/Processor, RAM (Memori) dan VGA (Kartu grafik), sedangkan southbridge menghubungkan beberapa komponen seperti PCI, Ethernet, USB, Audio dan lainnya yang biasanya lebih lambat.

Chipset-northbridge-southbr

Meskipun menjadi satu dengan motherboard, perusahaan pembuat chipset biasanya tidak sama dengan mothrboard. Sehingga kita bisa download chipset langsung dari perusahaan pembuat Chipset tanpa mengenal merk/tipe MOtherboard. Beberapa merk Chipset yang populer adalah NVIDIA, AMD (ATI), VIA, SiS dan Intel.

Melihat fungsinya, jika driver Chipset ini tidak di install, biasanya kinerja komputer menjadi tidak maksimal, misalnya lambat, USB yang seharusnya mendukung kecepatan lebih tinggi (USB 2.0) tetapi hanya mendukung USB 1.0, audio bermasalah dan lainnya. Jika menggunakan Kartu grafik OnBoard, maka tanpa driver chipset, kerja grafis akan menjadi sangat lambat.

Schema_chipset

Oleh karena itu, setelah menginstall Sistem operasi, maka sebaiknya yang di install pertama kali adalah Driver Chipset ini. Dan biasanya bisa kita temukan pada CD Driver yang disertakan ketika membeli Motherboard/komputer.

Cara Mendeteksi Tipe Chipset

Jika kita belum tahu apa driver komputer/laptop yang digunakan, ada beberapa cara untuk mengetahuinya :

1. Melalui buku manual yang disertakan ketika membeli komputer
2. Melihat langsung tulisan/tipe di motherboard/hardware, kemudian mencari informasi di Internet.
3. Menggunakan software dan salah satu yang terbaik adalah Everest.

Download Link Berbagai Chipset Komputer

Selain bisa didapatkan dari lokasi download pembuat motherboard, driver Chipset juga bisa didapatkan/download dari pembuat chipset itu sendiri. Berikut selengkapnya :
INTEL

Selain produk utamanya CPU (Processor) Intel juga populer dengan Chipsetnya. Selain dengan 3 cara diatas, untuk mengetahui tipe Chipset Intel bisa menggunakan Intel