Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

5.21.2010

VGA Eksternal: Alternatif Chipset Terintegrasi Pada Laptop


Belakangan ini sering muncul pertanyaan, apakah video graphic adapter (VGA) laptop/notebook bisa di-upgrade? Jawabannya adalah tidak, sebab pada dasarnya laptop yang memiliki VGA on-board tidak memiliki slot VGA tambahan. Namun di era teknologi seperti sekarang semua itu bisa saja menjadi mungkin.

Village Tronic, sebuah perusaan asal Taiwan yang bergerak di bidang grafis upgrade untuk laptop menawarkan solusi yang cukup menarik melalui produknya ViDock 2. Perangkat keras yang bisa dikategorikan sebagai VGA eksternal ini memberikan alternatif pengganti chipset terintegrasi. ViDock 2 sendiri diklaim mampu meningkatkan performa grafis 3D hingga 700%.

Produk ini menggunakan Express Card 2.0 yang berbasiskan teknologi I/O, PCI Express dan USB Release 2.0 hingga dapat mentransfer data sampai dengan 5Gbps, 2 kali lebih cepat dari ViDock 1. Dengan dukungan DVI, HDMI dan VGU ViDock 2 mampu menghasilkan resolusi gambar hingga 2560 x 1600 atau setara layar 30 inch.

Bayangkan pada review yang dilakukan oleh Tom's Hardware, ViDock 2 bisa menjalankan game yang kaya akan fitur grafis seperti Crysis dengan pengaturan rendah di resolusi 1024 x 768 dapat berjalan dikisaran 26 frame per detik, sementara chipset terintegrasi hanya pada 8 frame per detik. Dengan keunggulan yang telah dipaparkan tersebut, bisa dipastikan tak ada lagi halangan untuk bermain game ataupun menjalankan aplikasi 3D lewat laptop.

Tapi sayangnya produk ini masih sangat sulit ditemui dan kalau pun ada harganya dibanderol cukup tinggi. Untuk 1 Unit ViDock 2 termasuk video card ATI 4670 512MB DDR3 128bit kita harus merogoh kocek sekitar $380.

Namun tak perlu khawatir jika dana tak mencukupi, kita pun tetap bisa membuat VGA eksternal sendiri, tentunya dengan biaya yang jauh lebih rendah. Jika tertarik untuk membuatnya, silahkan kunjungi forum NotebookReview.

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar